Ultimate magazine theme for WordPress.

Mobil RI 1 Menggunakan Teknologi Run Flat Tire

0 0
Mobil RI 1 Menggunakan Teknologi Run Flat Tyre
MV3 Garuda Limousine, kendaraan kepresidenan baru buatan PT Pindad.

Indonesiatiremag.com – Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Wapres terpilih Gibran Raka Buming Raka bakal menggunakan mobil buatan anak bangsa, PT Pindad sebagai kendaraan kepresidenan. Mobil RI 1 yang dirancang khusus tersebut adalah  MV3 Garuda Limousine yang menggunakan teknologi Run Flat Tire (RFT).

Teknologi Run Flat Tire (RFT) diyakini bisa meminimalisir down time saat terjadi kebocoran di jalanan. Meski ban bocor, kendaraan masih tetap bisa berjalan..

Dilansir dari berbagai media, Run Flat Tires merupakan teknologi yang membuat ban mobil yang kempis masih bisa dijalankan dengan aman pada kecepatan dan jarak tempuh tertentu.

Run Flat Tire umumnya dapat dipakai dalam keadaan tekanan angin nol sampai dengan sejauh 80-150 kilometer dengan kecepatan maksimum 80 km/jam.

Dengan kemampuan menempuh jarak cukup jauh dalam kondisi kempis ini, Run Flat Tires memudahkan pengemudi melanjutkan perjalanan ke bengkel terdekat untuk melakukan reparasi. Menurut Wikipedia  Run Flat Tire pertama kali dikembangkan oleh produsen ban Michelin pada tahun 1930-an,Mulai  Tahun 1980-an Run-Flat Tire mulai diperkenalkan ke pasar umum. Dan popularitasnya meningkat seiring berjalannya waktu. Bridgestone mulai produksi secara masal pada Tahun 1987.

Selain Bridgestone, pabrikan lain yang membuat ban dengan teknologi serupa adalah Michelin dengan PAX System dan Goodyear EMT (Extended Mobility Tire).

Pada RFT produksi Bridgestone, terdapat tambahan karet penguat tebal pada dinding ban bagian dalam. Lapisan penguat inilah yang menahan ban tidak melipat saat kempis, sehingga mobil tetap dapat dikemudikan. Dinding ban yang keras ini yang membuat ban dan pelek masih tetap menyatu saat menikung.

Konstruksi berbeda diterapkan Michelin pada PAX System. Pada ban ini terdapat semacam penopang karet yang menempel pada bagian tengah pelek, sehingga saat ban kempis karet ini akan menahan agar ban tidak melipat.

Selain itu di bagian luar pelek pun terdapat penahan agar ban tidak terlepas dari pelek. Menariknya, ban generasi ketiga yang diproduksi Bridgestone yang menggunakan teknologi RFT ini, ketika ban tersebut kempis masih bisa ditambal.

Salah satu contoh Run Flat Tires generasi ketiga besutan Bridgestone adalah Potenza RE050A RFT. Run Flat Tire generasi ketiga dari Bridgestone ini sudah bisa ditambal, tapi dengan syarat bukan karena tumbukan langsung dengan benda keras.

MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3. MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kendaraan berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin ini memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

MV3 Garuda Limousine dengan panjang 5,05 m, lebar 2,06 m, dan tinggi 1,87 m memiliki bobot 2,95 ton.

Kendaraan didesain dengan long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ditenagai mesin dengan daya 202 PS/199 HP. Untuk transmisi menggunakan transmisi otomatis dengan 8 percepatan. Kendaran mampu melaju dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi bodi dengan material lapis baja komposit yang memiliki ketahanan terhadap amunisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan kaliber 5,56 x 45 mm M193.

Kendaraan juga dilengkapi kaca antipeluru level B5/B6 serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tire (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Sebelumnya, PT Pindad juga membuat kendaraan khusus untuk mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat melakukan kunjungan ke Indonesia, yakni Maung MV3 “Pope Mobile”. (Itm01)

Dari sisi eksterior, MV3 Garuda Limousine dilengkapi automatic footstep di bagian samping kendaraan untuk memudahkan pijakan keluar masuk kendaraan. Logo Garuda melambangkankekuatan dan gerak dinamis dengan kepak sayapnya yang mengembang menjadi simbol di berbagai bagian kendaraan, terpampang mulai dari bagian grille hingga velg kendaraan yang tetap terlihat meskipun roda kendaraan sedang bergerak.

Motif grille terinspirasi dari batik parang yang menggambarkan kearifan lokal sekaligus sebagai salah satu identitas bangsa. Di bagian belakang, dual exhaust diterapkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Interior premium menggunakan material wood finish accents, dilengkapi kursi penumpang captain seat dengan pengaturan elektrik disertai leg rest serta limo touch control panel. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan Head Unit 12 inci, kamera 360°, led smart TV, cooled storage, dan portable WiFi. (Itm01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.