Ultimate magazine theme for WordPress.

Usai Ditumpangi Presiden, Pindad Siap Luncurkan Maung Versi Listrik Tahun 2024

0 69
Usai Ditumpangi Presiden, Pindad Siap Luncurkan Maung Versi Listrik Tahun 2024
Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto saat menjajal Rantis Maung versi tiga bersama Menteri BUMN Erick Tohir, dan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo yang berada di bangku belakang (24/07/2023) di Komplek PT Pindad yang berlokasi di Malang, Jawa Timur.

Jakarta, Indonesiatiremag.com Pindad siap luncurkan kendaraan taktis militer atau rantis Maung versi listrik pada Tahun 2024 usai diuji coba dan dijajal Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Tohir bersama Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo yang berada di bangku belakang (24/07/2023) di Komplek PT Pindad yang berlokasi di Malang, Jawa Timur, Pindad berencana luncurkan kendaraan taktis militer atau rantis Maung listrik.

Kabarnya kendaraan militer listrik tersebut direncanakan hadir pada tahun depan, Tahun 2024. Kabar itu sebelumnya disampaikan langsung oleh Direktur Teknologi dan Perkembangan PT Pindad Sigit P. Santosa. Dirinya menjelaskan bahwa mobil Rantis Maung merupakan generasi ketiga dari pengembangan PT Pindad.

“Tahun depan akan kita keluarkan versi keempat, yang ada varian electric vehicle-nya,” kata dia, seperti dilansir dari kanal berita Antara, (19/01 2023).

Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa PT Pindad sampai saat ini masih berusaha untuk menaikkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mobil Rantis Maung. Saat ini TKDN kendaraan militer tersebut mencapai 65 persen.

Beberapa hari lalu, tepatnya 24 Juli 2023, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi fasilitas produksi PT Pindad di Malang, Jawa Timur. Menariknya, perjalanan Jokowi ini disopiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan menggunakan kendaraan militer Pindad Maung.

Jokowi mengatakan kunjungannya tersebut bertujuan mengecek kesiapan Pindad dalam pemenuhan pasar ekspor yang dinilai mengalami peningkatan. Ia juga mengaku akan menggelar rapat untuk menentukan kesiapan dan arah dari Pindad untuk ke depannya.

Spesifikasi Pindad Maung

Seperti dilansir dari Pindad.com, Kendaraan Taktis Ringan 4×4 produksi PT Pindad (Persero) yang ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat serta jelajah segala medan.

Dengan kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km, menjadikan Maung memiliki manuver yang gesit dan handal. Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lainnya.

Rantis ini dapat menampung empat orang, desain interiornya hadir dengan beberapa pilihan atap, bisa atap hard top, soft top dan juga atap yang terpampang las alias terbuka. Mobil ini memiliki lima buah pintu yang berada di bagian samping kanan dan kiri, dan satunya berada di bagian belakang layaknya kendaraan-kendaraan off-road.

Dan yang pasti didukung ban off road yang andal sehingga bisa dengan mudah masuk area off road yang berat. Ban Rabtis Maung seri tiga ini dirancang khusus agar bisa berlaga di medan off road yang ekstrim dan berat. (Itm01)

Leave A Reply

Your email address will not be published.